Ruang Publik Di Samarinda


Sudah beberapa waktu lalu, aku pergi piknik di sebuah ruang publik di Samarinda. Awalnya skeptis Samarinda bisa punya ruang publik seperti ini, karena biasanya aku hanya melihatnya melalui video CCTV kota.

Jadi benar-benar iseng aja untuk datang mengunjungi. Ternyata tempatnya cukup bagus, walau kata sebagian teman kalau tempatnya akan becek kalau setelah hujan. Untung aku datang ketika cuaca sedang cerah, jadi tempatnya pun sebagus foto yang aku ambil ini.

Kalau diperhatikan sekarang, playground memang nampak punah dalam beberapa waktu terakhir. Tidak seperti saat aku kecil dulu, Samarinda punya banyak sekali playground dan beberapa begitu ikonik; seperti taman dinosaurus di Karang Asam. Aku menghabiskan masa kecilku dengan menyenangkan di taman-taman tersebut. Saat aku SMA entah mengapa beberapa taman itu sudah beralih fungsi, ada yang diratakan begitu saja, ada yang jadi bangunan pemerintah dan beberapa mungkin ada yang menjadi masjid.

Padahal ruang publik berupa taman bermain ini sangat penting menurutku. Daripada anak-anak menghabiskan waktu bosannya untuk bermain gawai, mending energinya dipakai dengan kegiatan di taman bermain. Jadinya keringat dan lebih sehat juga jadi fisiknya. Selain itu dengan taman bermain umum seperti ini, memberikan kesempatan anak-anak untuk berinteraksi dengan anak lain di lingkungan sekitar dan terjadi pertemanan. Pertemanan yang mungkin akan menjadi sebuah bisnis besar ke depannya.

Aku bersyukur banget, dalam 5 tahun terakhir, Pemerintahan Kota Samarinda yang dipimpin oleh Bapak Andi Harun, cukup memperhatikan tentang hal ini. Bisa aku katakan beliau ini adalah walikota terbaik yang pernah aku rasakan sendiri efeknya. Selain jalan raya dan sistem air di Samarinda diperbaiki total, beliau juga banyak membuat ruang publik baru yang kemudian menjadi ikonik baru untuk Kota Samarinda. Benar-benar tidak ada alasan untuk tidak memilih beliau untuk periode berikutnya.

Sekian dulu untuk tulisan kali ini. Kalian warga Samarinda yang belum mengunjungi satu pun ruang publik di Samarinda, sebaiknya mencoba. Cheerio!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ruang Publik Di Samarinda"

Posting Komentar